Tim Dispute Lazada Memenangkan Pembeli yang Tidak Ada Bukti, Menyebabkan Seller Rugi 1,2 Juta

Dear Redaksi dan Pembaca Media Konsumen,

Kami adalah seller Lazada dengan nama toko Igi Mart dengan ID IDJ2N3B5. Kami sudah berjualan di Lazada selama hampir 5 tahun. Selama ini tidak ada kendala dengan layanan Lazada sebelum kasus ini terjadi. Masalah dimulai ketika pada tanggal 2023-05-25 pukul 06:08:37 kami mendapatkan orderan masuk dengan ID 1173665957082977.

Setelah kami mendapatkan orderan masuk, kami akan langsung memprosesnya di hari yang sama. Toko kami memiliki kebijakan untuk melakukan pengecekan dan pengetesan sebelum barang dikirim.

QC Unit Produk

Setelah dicek dan tidak ditemukan masalah atau kendala pada unit, maka akan dilakukan proses packing. Untuk produk alat elektronik, kami memiliki standar packing yang harus dipatuhi oleh staf packing. Packing tersebut meliputi penambahan gabus, buble wrap, dan karton agar produk tiba dalam keadaan baik dan tidak ada masalah.

Proses Pengemasan Produk

Setelah produk siap dikemas, akan dilakukan proses pick up oleh tim pick up Lazada, yaitu JNE. Kami mendapatkan foto dari kurir pick up Lazada.

Produk dalam Kondisi Baik

Setelah produk diambil oleh kurir, produk tersebut dikirimkan ke pelanggan. Namun, pada tanggal 2023-06-02 pukul 15:59:28, kami menerima komplain melalui chat bahwa produk yang diterima dalam keadaan rusak. Toko kami merasa aneh karena kasus produk rusak ini tidak pernah terjadi sebelumnya. Kami meminta pembeli untuk memberikan bukti berupa video dan gambar ketika produk diterima dalam keadaan rusak.

Foto Produk Rusak

Kami meminta bukti video unboxing ketika produk pertama kali diterima, tetapi chat kami hanya dibaca saja oleh pembeli. Kami sudah menginformasikan kepada tim dispute, tetapi tidak dihiraukan. Anehnya, tim dispute memutuskan untuk mengembalikan produk kepada seller atas permintaan seller, padahal kami sebagai toko tidak pernah meminta produk dikembalikan kepada kami. Kami masih menunggu bukti video unboxing yang diminta.

Chat Hanya Dibaca
Keputusan Team Dispute

Setelah itu, kami melakukan protes melalui live chat Lazada mengenai alasan tim dispute memutuskan untuk mengembalikan produk kepada seller atas permintaan seller. Padahal, kami seller tidak pernah meminta pengembalian barang karena kami masih menunggu bukti video unboxing.

Namun, jawaban dari agen live chat hanya meminta kami untuk menunggu dan mengajukan sanggahan. Pada tanggal 14 Juni pukul 09:23, kami menerima produk kami dengan berbagai macam keanehan. Kami melakukan evaluasi terkait produk tersebut dan ditemukan bahwa 80% kabel terputus dan terdapat bekas terbanting di bagian body.

Kabel Putus dan Bekas Terbanting
Bekas Terbanting

Kami sudah mengirimkan bukti-bukti yang diminta oleh tim dispute, seperti video pemeriksaan produk, proses pengemasan produk, chat dari jasa pengiriman terkait proses pengiriman, chat dengan pembeli yang hanya dibaca, dan bukti unboxing ketika produk pertama kali kami terima.

Bukti Pengiriman Bukti ke Dispute

Namun, bukti yang kami berikan dianggap masih kurang, sehingga tim dispute meminta kami untuk menambahkan bukti. Namun, kami tidak dapat menambahkan bukti sama sekali karena kami disabotase. Fitur menu “respond” hilang dan pada saat kami sedang melakukan komplain terkait fitur tersebut, tiba-tiba muncul pemberitahuan bahwa dana dikembalikan kepada pembeli.

Tombol Respond Sebelumnya
Tombol Respond Hilang
Keputusan Tim Dispute

Apakah inilah cara Lazada memperlakukan seller dalam menyelesaikan masalah? Saya sungguh tidak terima dengan apa yang dilakukan oleh tim dispute. Semoga hal ini dapat menjadi pembelajaran bagi seller Lazada untuk tidak diam dan berani bersuara, agar kita mendapatkan hak yang sama.

Terima kasih.

Hendra
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan dari Lazada Perihal: Surat Pembaca “Seller Merasa Dirugikan Karena Isi Paket Return Mengalami Kerusakan, Namun Tetap Proses Refund ke Pihak Buyer Tanpa Bukti”

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 15 Juni 2023 berjudul “Tim Dispute Lazada Memenangkan Pembeli...
Baca Selengkapnya

20 komentar untuk “Tim Dispute Lazada Memenangkan Pembeli yang Tidak Ada Bukti, Menyebabkan Seller Rugi 1,2 Juta

    • 16 Juni 2023 - (01:23 WIB)
      Permalink

      Memang benar tim Lazada memang breng##k, terjadi juga pada saya. 2 pembeli memberikan bintang 1 tanpa bukti apapun walau sudah diminta, bahkan yg 1 tanpa komen.. cm bintang. Dan itu membuat produk saya dinonaktifkan dengan mengabaikan Ratusan bintang 5 lainnya untuk produk itu.
      banding dan protes saya tidak diperdulikan karena buat Lazada pembeli adalah dewa dan penjual hanya sapi perahan

  • 15 Juni 2023 - (18:16 WIB)
    Permalink

    Dilazada pembeli ada TU’AN
    penjual adalah pekerjaan
    Jadi jangan heran kalau dapat komplain pembeli nakal yg win win pembeli karena TU’AN

  • 15 Juni 2023 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Lain kali produk nya dikasih stiker pecah telor om kalau stiker rusak berarti sama yg beli bekas di oprek2

  • 15 Juni 2023 - (19:17 WIB)
    Permalink

    Ada oknum pegawai di lazada yg sengaja menghilangkan fitur respondnya. Harusnya gak blh selama dispute berlangsung. Mental looser!

  • 15 Juni 2023 - (22:09 WIB)
    Permalink

    Bawa jalur hukum aja om. Bawa bukti sekuat kuatnya. Jangan sampai ada kesewenang wenangan. Niscaya kerugian om akan tergantikan.

  • 15 Juni 2023 - (22:13 WIB)
    Permalink

    Banyak pekerja cabutan sekarang… gembel² jadinya yg respon….

    Yg beli ga bisa kasih bukti kok malah penjual diserang terus. Dari situ aja ud keliatan bolot.

  • 16 Juni 2023 - (11:51 WIB)
    Permalink

    stelah saya baca dan lihat gambar nya sih itu bukan salah pembeli atau penjual nya…. untuk penbeli nya mungkin tidak sempat merekan waktu barang di buka makanya enggan untuk membalas chet, untuk penjual nya sudah benar….. yang saya lihat dari jasa kirim nya yang bermasalah

    • 16 Juni 2023 - (15:12 WIB)
      Permalink

      Makin kesini lazada membuat kebijakan yg menguntungkan sebelah pihak, seller di tuntut promosi, di tuntut campaign dengan biaya yg lumayan, tapi setelah pesanan di proses dan di kirim jika ada kendala, selalu seller yg kalah , padahal kami seller yg amanah selalu mengirim produk yg test uji sebelum di kirim, kerugian saya juga tidak sedikit, sekarang terpaksa berhenti jualan di lazada, karena banyaknya juga oknum pembeli yg nakal, produk sudah di pakai di kembalikan kami seller tidak bisa menjual barang bekas apalagi barangnya kotor, dan mengajukan sanggahan selalu gagal, belum lagi selisih ongkir yg sangat mengada² hingga puluhan juta

      • 17 Juni 2023 - (15:07 WIB)
        Permalink

        Ini rusak dalam pengiriman kalau di lihat kerusakan.pembeli wajar minta cancel karena barang datang rusak

  • 16 Juni 2023 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Berarti syaratnya mungkin aplikasi yang membuat peraturan : mengisi tulisan, aplikasi dan pembeli harus bisa dan mampu membuat video barangnya, dan aplikasi harus mengonfirmasi lagi seperti rechaptcha untuk tidak sengajaan memesan,cod,pengembalian barang dan dana,mengelola menurunkan harga,kalau ada masalah supaya bisa tau pihak siapa yang salah ? ,dan yang bertanggung jawab tepat sasaran ,Mungkin begitu sop nya ? Untuk jangan sampai pembeli yang tidak mampu tetapi membutuhkan barang penting tetapi kena penipu yang berkembang dan jangan sampai takut belanja lagi,dan biasanya banyak ulasan pembeli barang tidak sesuai pesanan dan rusak, mungkin begitu menurut saya kalau saya ada salah kata mohon maaf berarti kata saya harus di ubah,karena bhakta tuhan juga mungkin ikut campur secara pantangan hanya bisa berusaha menghentikan dosa kehancuran

  • 17 Juni 2023 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Ya ampun saya sebagai pembeli di Lazada yg amanah, nggak habis pikir ada pembeli Kurang Ajar begitu yang suka nipu2 seller karena lemahnya keadilan di app Lazada.. Jujur saya dulu daftar jadi seller di Lazada malah di blokir. Mungkin karena Lazada begitu, jadi saya di persulit juga bikin akun seller🥲

  • 22 Juni 2023 - (12:19 WIB)
    Permalink

    itulah saya suka banget dengan lazada, karena selalu memprioritaskan pihak pembeli jika ada masalah. 🥰🥰🥰 Lazada

  • 27 Juni 2023 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Terima kasih saya ucapkan kepada redaksi Media Konsumen yang telah menjembatani permasalahan saya sehingga toko kita mendapatkan keadilan. Terima kasih pula kepada pihak Lazada yang telah meninjau ulang permasalahan saya sehingga hasil keputusan yang di berikan tidak merguikan kita sebagai seller. #noviralnojustice

  • 18 Agustus 2023 - (12:46 WIB)
    Permalink

    saya juga seller lazada beberapa kali di rugikan contoh dengan barang hilang atau barang rusak tapi buyer yg diuntungkan aneh emang

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Tim Dispute Lazada Memenangkan Pembeli yang Tidak Ada Bukti, Menyebabk…

oleh Igi dibaca dalam: 2 menit
20